Get me outta here!

Berjuta Manfaat Menulis

picture by Google

Assalamualaikum semuaa…
Sudah lama sekali enggak nulis –read: ngetik, entah nulis diary, blog, cerita fiksi, dan lain-lain. Kalau mau nulis lagi jadi kikuk. Sepertinya harus diniatkan lagi untuk rajin menulis. Padahal kalau dipikir, aku punya banyak waktu luang. Untuk apa waktu luangku? Ah.. gadget memang membuat malas melakukan aktivitas yang lebih berguna. Harus mulai jauh-jauh dengan gadget supaya waktu dapat digunakan semaksimal mungkin. Meskipun menulis di blog kayak gini terkesan sepele, tapi ada beberapa manfaatnya loh yang udah aku rasain, antara lain:
1.        Berlatih mengungkapkan isi hati
Aku pribadi adalah orang yang tertutup, maka menulis jadi salah satu alternatif mengungkap isi hati. Dengan mengungkapkan isi hati, biasanya hati menjadi lebih ringan.
2.        Mencegah kepikunan
Menulis erat kaitannya dengan kerja otak. Agar otak tetap berfikir positif, diantaranya dengan membiasakan menulis, mengungkapkan apa yang terpikirkan, dengan kebiasan inilah otak terus bekerja, jika terus demikian maka otak tidak akan pikun nantinya, karena ibarat pedang, semakin sering diasah dan digunakan, ia semakin baik dan tajam.
3.        Menjadi diri sendiri, bebas mengekspresikan diri
Seperti bermimpi, saat menulis kita bebas menyelam dalam lautan khayalan kita. Bebas menulis apa saja yang ada dihati dan pikiran kita. Asal tidak merugikan diri dan orang lain lho ya.
4.        Berlatih untuk berkarya
Terbiasa menulis akan membawamu menjadi hobi, ketika kamu sudah pandai menulis, kamu bisa membuat cerita pendek atau novel nantinya. Ini adalah salah satu keinginanku yang belum terwujud dari dulu: membuat novel.
5.        Menulis adalah media belajar
Menulis adalah media belajar, dengan menulis akan mendorong dan menuntut kita menyerap, menggali dan mengumpulkan informsi sebanyak-banyaknya untuk menopang tema yang akan ditulis, baik informasi yang bersifat teoritis atau berupa fakta-fakta yang terjadi.
6.        Terhindar dari penyakit psikis
Seperti yang dijelaskan tadi, mengungkapkan isi hati dan pikiran membuat kita lega, rasanya beban sedikit terkurangi karena bisa meluapkan pemikiran meskipun dalam tulisan.
7.        Menulis akan membuat hidup produktif
Dengan menulis wawasan terus bertambah, setiap detik-detik terisi sesuatu yang bermanfaat bagi diri dan orang lain, langkah dan akivitasnya tak kan terbuang ke persoalan yang tidak ada manfaatnya, karena tersibukkan oleh beragam informasi, fakta, wawasan, ilmu, pengetahuan, penelitian, pengamatan, observasi, survai yang harus tergali dan terkumpulkan sebagai referensi bahan yang akan ditulis.
8.        Menulis akan membentuk pribadi yang bijak dan santun
Sedikit banyak pasti akan tertarik dan terpengaruh oleh gaya bahasa dan gaya penyampaian seseorang, terlebih setiap penulis pasti beharap tulisannya menarik, enak dibaca, tidak membosankan, bahasanya renyah dan hidup, mengenai sasaran dan tersampaikan maksud apa yang ia tuliskan.
9.        Menulis akan menghasilkan ide-ide baru
Ide-ide baru hanya terhasilkan dari mereka para pemikir yang aktif, terus belajar dan bekerja keras mengembangkan kemampuan berfikirnya. dan dengan jalan menulis inilah ide-ide anyar itu akan terus bermunculan dan tersebarkan.

Nah, itu baru beberapa manfaat menulis yang secara sadar aku rasakan. Sepertinya banyak manfaat yang secara nggak sadar aku dapatkan. Karena gengs, percaya deh bahwa menulis itu punya buanyaaaaaakkk sekali manfaatnya. Cuma kita jarang menyadarinya aja.

Sekian dulu ya, jangan bosan untuk mampir di sharing sederhana ala ChiChi. Jangan lupa juga untuk share pengalaman kalian, boleh lo tulis link url blog kalian supaya aku dan teman-teman lain juga bisa membaca. Selain menulis, membaca juga penting kan??

Wassalamu’alaikum sobat J

0 comments:

Post a Comment