Get me outta here!

10 Karakter Muslim Idaman

1.    Salimul aqidah ( akidah yang lurus dan benar )
Merupakan sesuatu yang ada dalam diri setiap muslim. Dangan akidah yang bersih, seorang muslim akan memiliki ikatan yang kuat kepada Allah SWT dan dengan ikatan yang kuat itu dia tidak akan menyimpang dari jalan dan ketentuan-ketentuan Islam.

2.    Shahilul ibadah ( ibadahnya benar )
Setiap muslim harus menjaga niatnya dalam ibadah. Bukan untuk disanjung atau supaya kelihatan soleh. Tujuannya hanya Allah saja. Ibadahnya juga ibadah sebagaimana dituntunkan oleh Rasulullah SAW, tidak mengarang seperti sholat dengan bahasa indonesia atau sambil diartikan. Muslim idaman juga selalu menjaga agar semua kewajiba-kewajibannya terpenuhi dengan baik.

3.    Qowwiyul Jismi ( kekuatan jasmani )
Seorang muslim idaman tidaklah sakit-sakitan. Dia menjaga kesehatannya agar selalu terjaga kesehatannya. Karena muslim yang sakit-sakitan pasti akan terbatas kemampuannya untuk berjihad.

4.    Matinul khuluq ( berakhlak mulia )
Memiliki sikap yang mulia adalah sikap yang harus dimiliki setiap muslim. Baik dalam hubungannya kepada Allah SWT, maupun kepada mahklukNya. Berbakti kepada orang tua adalah salah satu contohnya.

5.    Mutsaqqol Fikri ( berpikir cerdas )
Seorang muslim haruslah berpikir cerdas ( fatonah ). Wawasannya luas dan terus mengikuti perkembangan zaman tanpa sedikitpun meninggalkan nilai-nilai dalam Islam.

6.    Mujahadatun linafsihi ( mampu mengendalikan hawa nafsu )
Setiap muslim diajarkan untuk mengendalikan hawa nafsu. Hal ini dapat dirasakan ketika seorang muslim sedang berpuasa. Bagi muslim idaman, menjaga hawa nafsu tidak hanya ketika sedang berpuasa, melainkan setiap saat dan setiap waktu.

7.    Harishun ‘ala waqtihi ( pandai mengatur waktu )
Waktu adalah pedang. Waktu adalah emas. Waktu adalah ilmu. Begitulah peribahasa yang menunjukkan pentingnya waktu. Bahkan, Allah dalam surat Al Asr bersumpah atas nama waktu. Ini adalah sinyal bagi seorang muslim mereka harus bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Selalu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat setiap detiknya. Tidak membuang waktu dengan aktifitas sia-sia, apalagi aktifitas nyang membuat Allah SWT murka.

8.    Munazhzamunfi syu’unihi ( menejemen hidupnya teratur )
Hidup seorang muslim idaman selalu teratur, terencana, dan berjalan sesuai rencana yang telah dibuatnya. Kehidupannya tidak begitu saja mengalir, ia tidak biarkan berantakan kehidupannya. Kalaupun rencananya gagal, ia tetap berpikir positif, bahwa rencana Allah SWT adalah yang terbaik.

9.    Qidiru alal Kasbi ( mandiri )
Muslim idaman memiliki kemampuan sendiri ataupun disebut juga mandiri. Mandiri dalam menghadapi permasalahan dalam sebuah keluarga tanpa melibatkan orang tua, mandiri dalam membiayai hidup, dan lain sebagainya.

10. Naafi’un lighoirihi ( bermanfaat bagi orang lain )
Setelah semua karakter di atas, diharapkan menjadi manusia yang bisa bermanfaat pada orang lain, pada lingkungan, dan pada semua hal yang bersifat kebaikan. Ingat sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Sumber: “Leadership Training Camp”; materi pokok "Training for Trainer" part.1

0 comments:

Post a Comment